Mereka Mengatasnamakan Yang Tak Pantas Diatasnamakan


Mereka mengatasnamakan perubahan sistem manajerial untuk menginjak-injak karyaku. Apa itu benar2 murni sistem manajerial??? Manajerial yang bagaimana? Revolusi dari yang lama ke yang baru?? Menuju perubahan lebih baik? Tanpa kalian mempelajari sistem yang lama? Dan kemudian tanpa tedeng aling-aling kalian menohokku seperti itu? Itu ya yang dinamakan proffesionalisme?? Yang benar saja???

Lalu tentang ketidaklayakan publikasi?? Semakin aku tak mengerti apa yang sebenarnya sistem manajemen baru kalian inginkan?? Dulu kalian sendiri yang memintaku untuk memproduksi karya yang seperti itu, memberiku batasan untuk mendeskripsikan karakter dan memberiku koridor berimajinasi, membatasi inspirasi.

Oke, aku terima itu karena aku sadar sebagai pemula pembatasan2 semacam itu perlu. Tapi setelah aku berkarya mati-matian, setelah setiap detik waktuku aku totalkan untuk menyusun alur-alur itu, setelah kuabaikan rintihan mataku yang meronta kesakitan demi sebuah karya pesananmu, seperti ini kontrapretasimu???

MENYAKITKAN!!!

Dan berlembar-lembar kertas yang berisi pasal-pasal mengikat serta kertas kecil biru berjudul materai itu, apa artinya???
Apa kalian tak paham tentang fungsi materai, tentang definisi MOU??

Oke, aku memang bukan John Krakauer, bukan Andrea Hirata, bukan Mira W,bukan Sandra Brown, bukan mereka yang telah berhasil mengecap tulisan 'The Best Seller' dalam setiap karya yang tercetak.

Kalian tenang saja, aku tidak lupa akan jasa kalian, memang kalian lah yang pertama kali mem-blow up-ku, menjembataniku menuju kestabilan berkarya, mengantarkan nama Emma Vixel berjajar diantara deretan nama-nama penulis yang berlevel jauh di atasnya, pada barisan bacaan fiksi di toko2 itu. Aku benar2 menyadari itu.

Tapi tolong, setidaknya hargailah plotku, hormatilah materai dalam MOU yang telah kau buat itu, jangan lantas mengabaikan karena kalian merasa aku telah berhutang budi pada kalian.
Emma Vixel bukan sekedar sebuah nama, bukan hanya sekedar username account, bukan hanya sebatas display name pada facebook, terlebih juga merupakan sebuah karya, yang butuh dihargai...

Dan keamatiran, bukan merupakan suatu alasan untuk kalian bisa seenaknya meludahi karyaku!!

Emma Vixel

1 komentar:

Heru Sastro mengatakan...

Teruskanlah berkarya emma..
apa yang kamu perbuat sekarang menjadi inspirasi bagi mereka yang mengenalmu.