The Secret Beach of Nampu

Ingin menikmati pantai dengan eksotisme yang luar biasa dan bau laut yang khas Indonesia? Nggak perlu budget tinggi buat jalan-jalan ke Bali.

NAMPU. Pantai ini terletak di desa Dringo, kelurahan Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, Wonogiri. Jarak dari Wonogiri kota sekitar 70KM atau sekitar 2 jam dengan kecepatan tempuh standar. Selama perjalanan akan terdapat banyak sekali bukit-bukit bergeliat bebas, pemandangan yang jarang ditemui di kota. Melewatinya serasa berada di zaman yang masih langka peradaban. Memang Nampu ini masih jarang dikenal orang, tidak sepopuler Parangtritis dkk karena letaknya yang sulit dijangkau oleh transportasi umum. Begitupun dengan minimnya infrastruktur jalan menuju kesana, tepatnya di kawasan ujung selatan desa Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, Wonogiri, bener-bener memacu adrenalin. Meskipun sudah beraspal tapi lebarnya hanya sekitar 3-5 meter dengan likuan dan tanjakan luar biasa. Tapi bakalan terbayar kok sama eksotisme pantai itu.

Oke, anggap saja perjalan menuju pantai sudah terlewati dengan sukses. And now, welcome to the paradise area!


Ini adalah view yang pertama kali akan kita temui sesampainya disana. Masih belum begitu tampak keindahannya memang, tunggu saja nanti =)


Sebelum bisa bercumbu langsung dengan bibir pantai, kita akan dihadapkan pada tangga turun dengan tepian pohon pandan di sepanjangnya. Memang cukup sempit jalannya. Kalau sedang ramai pengunjung mungkin harus berdesakan untuk melewatinya karena memang Cuma ini jalan satu-satunya menuju pantai.


Nah, sampai lah kita pada pantainya. Dan ini adalah salah satu tebing terindah yang pernah gue temui dengan banyak anakan batu karang di kakinya. Sangat indah untuk dijadikan background foto.
Segini doang? Enggak banget! Ada satu lagi bagian dari pantai Nampu yang benar-benar mengagumkan.
Sebut saja The Secret Beach. Kenapa begitu? Karena letaknya yang tersembunyi. Di balik bukit itu ada satu pantai lagi yang benar-benar masih perawan. Tapi butuh pengorbanan yang lumayan menguras keringat untuk sampai kesana.


Dari pantai ini kita naik lagi melewati tangga sempit tadi menuju parkiran. Nah dari parkiran itu (entah kesebelah mananya karena disana beneran buta arah) ada sebuah jalan yang seperti jalan menuju ke ladang. Kayak foto di atas itu. Ikuti aja jalannya sampai nemu kayak sebuah lapangan tapi di atas bukit. Susuri aja terus dan kamu bakalan dapet view super duper ekstra superior KEREN! Seperti ini…


Bisa bayangin kan, pantai cekung yang bener-bener bersih, terlihat perawan banget, original, eksotis, asli, apapunlah, tersaji nyata di depan mata. Kemaren pas waktu kesini pasir yang ada di The Secret Beach ini sama sekali halus, nggak ada satupun jejak kaki. Padahal waktu itu sekitar jam 4an sore. Entah karena Cuma yang sedikit yang tahu tentang keberadaan pantai ini atau gimana yang jelas pertama kali lihat ini Cuma bisa sebut nama Tuhan berulang kali. Menganga dan nggak bisa kedip. Nggak sabar pengen cepet-cepet menikmatinya, kita langsung buru-buru turun. Nah, bagian ini yang musti hati-hati karena medannya yang lumayan ekstrim dan licin. Tapi terbayar kok sama pemandangannya. Kamu bisa take photo dengan background keren, like this… *numpang eksis*



Nggak Cuma dua itu, banyak banget ide foto yang bakal muncul dadakan di sepanjang jalan menuruni bukit menuju The Secret Beach ini. Setelahnya, mari bercinta dengan alam…..


Dimana-mana yang namanya pantai itu rata-rata panas kan? The Secret Beach of Nampu ini lain. Karena ukurannya yang kecil dan dikelilingi oleh bukit yang tinggi di beberapa bagiannya akan ada spot-spot rindang untuk bisa dijadikan tempat melamun.
Kalau kamu bisa dapet waktu sore, kayak foto di atas kamu bakalan lebih beruntung karena seluruh bibir pantai akan terasa sejuk. Bisa lihat sendiri kan sinar mataharinya yang mulai menyentuh di bagian deburan ombak?
Kamu bakalan nemuin juga sumber mata air tawar di tengah-tengah pantai kayak cekungan buatan manusia tapi aslinya alami..


Jadi gimana? Beneran nggak harus ke Bali atau Hawai kan?

Truly awesome pokoknya!

Emma Vixel

Tidak ada komentar: