Wisata Batik #2 :: Wedelan, Artistik Kuno

Seperti yang udah saya janjikan sebelumnya, ini adalah tujuan kedua dari wisata batik yang udah diawali sama batik printing di postingan sebelumnya.
Yupz, Batik Wedelan, masih di kawasan Cagar Budaya, Kampung Batik Laweyan, tepatnya di Jl.Sidoluhur Setono Laweyan. Nama Batik Wedelan diambil dari proses pewarnaan batik tradisional kuno. Tujuan pemberian nama Wedelan, selain nama tersebut merupakan nama yang clasic nama tersebut juga mempunyai tujuan mengingatkan kita bahwa proses pewarnaan pertama dari batik tradisional tempo doeloe adalah wedel. Warna wedel adalah warna biru tua yang dihasilkan dari daun indigo atau sebutan lain daun tom, dimana daun tersebut banyak tersebar di bumi nusantara ini.
Wedelan ini adalah salah satu rumah batik yang memiliki showroom dengan tata letak unik, nuansa kuno yang kental dan nyaman. Dari pintu depan udah keliatan banget nuansa kuno dari daun pintu dan ukiran kayu di atasnya. Pas banget dengan tagline nya “akan Anda dapati belanja batik dengan nuansa kuno”
Masuk pintu, kita akan menemukan pemandangan toko batik yang unik, seperti hunian pribadi. Pintu depan gerai dibuat full kaca, etalasenya pun dibuat sedemikian ramah. Di teras terdapat beberapa kursi yang terlihat homey banget, mau kita duduk disana berjam-jam terasa nyaman aja gitu.
Masuk ke showroom, kita akan disambut dengan segala jenis bebatikan. Penataan barang yang rapi ditambah dengan pemanis di beberapa sudutnya membuat pemandangan di ruangan ini ga terlihat annoying meskipun barang dagangannya lumayan banyak.

Sedikit bocoran, di Wedelan ini jenis pakaian yang dijual lumayan komplit dan desainnya pun juga ga ketinggalan jaman. Selain itu, harganya juga masih terbilang terjangkau. Dan saya asli kepincut sama blazer-nya. Ada yang mau mensponsori? =)

Emma Vixel

Tidak ada komentar: