Akhir 2014 di Mata Anak-Anak

Pesawat jatuh lagi - Khanza ft. Rafi
Fam time, full time. Begitulah liburan akhir tahun saya kali ini. Iseng, kemarin waktu para sepupu yang rata-rata masih SD pada ngumpul, saya mengeluarkan beberapa lembar kertas HVS dan alat tulis. Daripada mereka cekakak-cekikik berisik nggak jelas, saya bermaksud nyuruh mereka gambar.

“Gih pada gambar. Nih kertas sama pensilnya,” kata Saya mendekati mereka yang lagi jejingkrakan. Sayangnya saya nggak digubris! Sama sekali! Malah salah satu dari mereka ada yang bilang, “Gambarku udah banyak Mba di rumah” Sontoloyo! Mereka balik jejingkrakan.

Nggak lama kemudian Adik saya keluar dari ruang tengah trus bilang, “Ayo pada gambar, ntar yang paling bagus dapet hadiah.” Guess what? Mereka langsung berhenti jejingkrakan dan ambil kertas satu-satu. Alamakjang! Mungkin ini kali ya bedanya anak FKIP sama anak blangsak.

Memang sih ya, nggak bisa dipungkiri, TV adalah media informasi yang paling gampang dijangkau masyarakat. Bahkan anak-anak ini bisa loh mindahin isu santer dari TV ke gambar, langsung via imajinasi mereka. Mungkin saking seringnya diespos media dan sering dengar dari pembicaraan orang-orang dewasa, jadilah mereka gambar beginian….

Air Asia jatuh dan Bikini Bottom - Rafi  (Klik gambar utk memperbesar)
Rafi, 7 years old
Rafi bilang, "Ini pesawat Air Asia (nunjuk pesawat), ini Bikini Bottom (nunjuk kehidupan laut di bawah pesawat)." Saya mengerutkan dahi pas liat ada orang dikejar hiu di pojok kiri atas, ternyata dia bilang itu penumpang pesawat yang udah meninggal (???)

Masih tentang laut - Rafa (Klik gambar utk memperbesar)
Rafa, 7 years old
Makhluk misterius - Hanan (Klik gambar utk memperbesar)
Hanan, 8 years old
Saya beneran ketawa pas mencermati gambar si Hanan ini. Meteor datang, makhluk misterius, bom meledak. Ada peta Kalimantan, Inggris bantu cari black box. Wild banget imajinasinya =))

Kebakaran Pasar Klewer - Khanza (Klik gambar utk memperbesar)
Khanza, 12 years old
Lumayan cakep ini bocah idenya. Dia bikin semacam komik mengangkat isu kebakaran Pasar Klewer. Yang saya suka, dia pinter bikin cerita, ngalir dan endingnya bisa lucu =))

Begitulah, setiap anak punya imajinasi sendiri terhadap informasi apapun yang mereka tangka. Dan kerennya, imajinasi mereka liar. Ah, anak-anak ini meski tengil tapi spesial dan ngangenin...
Well then, Akhir tahun 2014 nampaknya emang bener-bener mengena ya....
Welcome 2015, welcome new hope....

Emma Vixel

Tidak ada komentar: