How To Share Privately


Share kok private? Yang namanya share ya public dong, dibagikan ke orang banyak. Kok private?

Jadi gini... beberapa hari yang lalu, ada temen yang mengeluh ke saya, beranda facebooknya dipenuhi dengan posting foto satu akun temannya yang berjumlah ada lebih dari puluhan posting dalam satu linimasa. Semuanya foto pribadi.

"Sudah ditegur sih Ma, katanya buat cadangan biar ga ilang kalo memory card nya kenapa2"

Ini make sense banget. Memory card sekarang emang banyak yang kualitasnya ngehe. Cuman, ga mau juga kan karena alasan back up file pribadi kita jadi dinyinyirin orang banyak, parah-parah sampai mengganggu aktivitas mereka di media sosial?

Selain foto, banyak juga share artikel. Mulai dari resep masakan, desain interior, tips DIY, sampai quote Tere Liye yang sekarang pamornya udah sedikit menggeser Bapak kita Bapak Mario Teguh. Dikit aja sih.
Ya kalau artikelnya bagus, bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak sih gapapa share banyak-banyak. Lha kalau share nya isu lintas agama yang..... ya.... gitu deh.....

Beberapa temen ada yang kena tegur di kolom komentar karena oversharing, salah satunya beralasan share untuk keperluan bookmark, jadi lain waktu kalau mau tengok artikelnya tinggal buka profil.

Sebenernya masing-masing media sosial punya fasilitas share privately. Istilahnya, simpen aja sendiri. Contohnya di facebook ini. Karena letaknya yang strategis banget, seharusnya banyak yang sudah paham dengan fasilitas ini. Harusnyaaa.....


Jadi nih, buat yang pengen bookmark artikel tapi ga mau ganggu temen lain di beranda, pengen upload foto buat backup MMC, pakailah, share privately, only me (dan sering-sering lah. LOL).

Tinggal klik aja dropdown menu sebelah kiri post menu, pilih "only me", atau "hanya saya" atau apapunlah pokoknya yang ada gemboknya. Dan voila!

Oh ya, selain share privately di sosial media, buat backup file, coba manfaatin aplikasi Google Drive yang ada di smartphone kita. Sama-sama upload makan kuota, tapi google drive kasih fasilitas cloud drive yang gampang dimenej.

Kalau saya sih, yang paling aman dan berkali-lipat lebih nyaman ya share sama orang-orang terdekat. Gitu..... ^^v

Apa? Ga punya temen deket? Sian amat..... :p

---------------------------------------------------------------------

Gambar dari : sini

Emma Vixel

Tidak ada komentar: